Tanggal :August 5, 2020

Jangan Jadi Programmer ! Baca Suka Duka Programmer Dahulu !

Spread the love

Programmer, Suka Duka dan Ulasan Lengkapnya

"Ilustrasi

Jaman serba teknologi seperti ini banyak orang yang ingin menjadi bagian dari pembuat teknologi atau aplikasi tersebut, atau biasa disebut dengan programmer (pembuat program), namun banyak yang tidak mengetahui apa suka dukanya menjadi programmer, apakah selalu suka setiap hari karena hanya bekerja didepan laptop tanpa harus banyak bergerak yang menguras tenaga, bekerja sambil minum kopi atau minum susu memang terlihat menyenangkan, tetapi kita harus paham dan tahu betul apa saja hambatan dan suka dukanya programmer yang bekerja diperusahaan.

Sebelum membahas mengenai suka duka menjadi programmer, mari kita pahami dahulu apa itu programmer, tugas dari programmer hingga prospek karir menjadi programmer.

Apa Itu Programmer ?

Programmer adalah seorang yang mempunyai kemampuan atau skill untuk menulis, merancang dan membangun kode program computer menggunakan bahasa pemrograman computer untuk bertujuan membuat aplikasi.

Banyak contoh bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat program, berikut contoh bahasa pemrograman yang paling popular didunia saat ini, walaupun terdapat lebih banyak bahasa pemrograman lain, tetapi tidak sepopuler bahasa pemrograman dibawah ini.

  1. Bahasa Pemrograman JavaScript
  2. Bahasa Pemrograman Java
  3. Bahasa Pemrograman Python
  4. Bahasa Pemrograman C#
  5. Bahasa Pemrograman PHP
  6. Bahasa Pemrograman C++
  7. Bahasa Pemrograman C
  8. Bahasa Pemrograman TypeScript
  9. Bahasa Pemrograman Ruby
  10. Bahasa Pemrograman Swift
  11. Bahasa Pemrograman Go
  12. Bahasa Pemrograman Kotlin
  13. Bahasa Pemrograman Perl
  14. SQL
  15. Bahasa Pemrograman VBA (Visual Basic for Application)
  16. HTML dan CSS

Dari banyaknya bahasa pemrograman diatas, programmer pemula harus focus dahulu di satu pemrograman hingga paham baru belajar bahasa pemrograman lain sebagai referensi atau kebutuhan dari perusahaan.

Apa Saja Tugas Seorang Programmer ?

Setelah mengetahui apa itu programmer, maka selanjutnya adalah untuk mengetahui apa saja tugas seorang programmer, yang tugas utamanya adalah membuat dan mengembangkan aplikasi, berikut detail tugas seorang programmer :

  1. Mendefinisikan kebutuhan aplikasi atau sistem yang akan dibuat.

Kebutuhan dari aplikasi itu beragam, tetapi harus diketahui terlebih dahulu apa tujuan dari aplikasi tersebut dibuat, apakah aplikasi dalam bentuk website, atau aplikasi android atau aplikasi IOS, karena setiap aplikasi tersebut akan dibuat menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda-beda.

Semua aplikasi yang akan dibuat tergantung dari definisi kebutuhan sistem, jika analisa kebutuhan sistem sudah benar dan tepat maka program atau aplikasi akan lebih mudah selesai dan lebih mudah dalam pengaplikasiannya.

Tetapi jika analisa kebutuhan sistem sudah salah sejak awal, ya harus siap-siap aplikasi tidak akan selesai tepat waktu dan akan banyak terjadi perubahan kedepannya.

  1. Merancang flowchart atau alur dari aplikasi atau sistem yang akan dibuat.

Setelah tahap pertama selesai yaitu analisa kebutuhan sistem atau aplikasi, maka tahapan selanjutnya adalah merancang flowchart atau alur dari aplikasi yang akan dibuat.

Mengenai flowchart itu banyak yang perlu dipelajari, sebagai contoh flowchart sederhana mengirim surat :

Algoritma Mengirim Surat

  • Mengetik atau menulis surat
  • Menyiapkan sampul surat atau amplop
  • Memasukkan surat ke dalam amplop yang tersedia (sampul surat yang disediakan)
  • Lem amplop surat dengan baik (Rekatkan amplop surat)
  • Menuliskan alamat pengiriman surat dengan benar, jika tidak ingat alamat pengiriman surat, ambil dahulu buku alamat & cari alamat tujuan, lalu tulis alamat pada amplop surat tersebut.
  • Beli dan tempelkan perangko pada amplop tersebut.
  • Pergi ke kantor pos dan membawa surat untuk diserahkan kepada pegawai pos

Flowchart Mengirim Surat

Flowchart-Surat

Flowchart-Surat

  1. Menulis kode program (tugas inti dari programmer)

Ketika tahap kedua sudah selesai dibuat, selanjutnya adalah menulis kode program menggunakan bahasa pemrograman yang telah disepakati atau dipilih. diblog ini mempunyai list belajar react js silahkan di ikuti disini.

Biasanya menulis kode program ini lebih lama atau memakan waktu yang paling lama dibandingkan dengan tahapan lainnya.

Mengubah flowchart menjadi kode program juga tidak mudah, kecuali sudah expert dibidang programmer, tetapi untuk programmer pemula, hal ini akan sangat sulit dan memakan banyak waktu.

  1. Mendebugging (mencari letak kekurangan dari kode program)

Apa itu debug ? debugging ? jadi debug adalah suatu proses untuk mencari kesalahan dari program yang sudah ditulis.

Kenapa aplikasi yang sudah jadi harus dicari kesalahan kode programnya ? jadi setiap aplikasi yang baru jadi pasti ada bug nya, dan itu tugas pada tahapan debugging,

Pada tahapan debugging,  programmer akan membutuhkan waktu juga untuk mencari letak kesalahan atau kekurangan dari kode program yang berguna untuk masa depan dan untuk programmer lain jika sudah tidak mengurus aplikasi tersebut nantinya.

  1. Menguji program atau aplikasi agar menghasilkan program yang sesuai dengan kebutuhan.

Tahapan terakhir ini biasanya aplikasi atau sistem sudah rilis secara publik dan sudah online, akan dapat dengan mudah dilakukan pengujian, bisa diuji oleh programmer itu sendiri atau minta bantuan ke orang lain untuk mengakses aplikasi atau sistem tersebut secara random, dan membuka semua menu atau fitur yang ada di aplikasi tersebut.

Apa Bedanya Programmer dengan Developer ?

"<yoastmark

Banyak yang bertanya mengenai apakah ada perbedaan antara programmer dengan developer ? apakah sama ? atau berbeda ?

Programmer

Programmer seperti yang sudah dijelaskan seperti diatas, adalah orang yang mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman, lebih tepatnya orang yang mampu membuat aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Programmer mempunyai banyak kemampuan yang terdiri dari berbagai level programmer atau tingkatan programmer, programmer bisa dan handal dalam menulis kode program, mengerti dan memahami algoritma pemrograman, dan sering bekerja sendiri karena butuh suasana kondusif dan tenang dalam menulis kode program.

Seorang programmer biasanya akan menguasai setidaknya satu bahasa pemrograman dan handal dalam menggunakannya, misalkan menguasai bahasa pemrograman PHP dan bisa menggunakan framework Codeigniter dan Laravel.

Programmer merupakan seorang lulusan dari universitas dengan jurusan ilmu komputer atau informatika, dan sejenisnya. Tetapi ada juga beberapa programmer yang bukan berasal dari universitas, seperti pelajar sekolah menengah kejuruan di bidang informatika atau Sekolah menengah kejuruan Rekayasa Perangkat Lunak, atau orang yang belajar otodidak dari buku, internet, kursus, bootcamp, dan kursus lainnya.

Developer

Developer adalah seorang programmer yang sudah berpengalaman biasanya memiliki pengalaman programmer lebih dari 1 atau 2 tahun, developer tidak hanya menyelesaikan masalah dalam pemrograman, tetapi juga membangun suatu aplikasi untuk pengembangannya.

Developer melakukan beberapa hal sesuai dengan prinsip-prinsip desain dan implementasi pada rekayasa perangkat lunak, Seperti kinerja project, maintainability project, skalabilitas project, ketahanan project, dan yang pasti keamanan project yang telah dibuat.

Developer bisa juga dikatakan sebagai seseorang yang dapat menggunakan banyak sistem, banyak aplikasi dan banyak bahasa pemrograman yang berbeda.

Developer merupakan seseorang yang telah profesional dalam hal pembuatan aplikasi, dapat bekerja dengan orang lain atau tim, dan punya kemampuan berkomunikasi yang baik biasanya sebagai leader tim.

Seorang developer memiliki pengalaman yang cukup dan profesional untuk menyelesaikan masalah yang sudah pernah ia selesaikan sebelumnya tentunya dalam hal pembuatan aplikasi dan paham mana metode yang berhasil diterapkan dan mana yang kurang berhasil diterapkan.

Perbedaan singkatnya antara programmer dengan developer seperti ini :

Programmer biasanya disebut dengan coder.

Developer biasanya disebut software engineer (Lebih dari sekedar programmer).

Jadi inti perbedaan antara programmer dan developer adalah berdasarkan dari tingkatan derajatnya saja. Seorang developer lebih banyak membutuhkan waktu, tenaga, dan tentunya pengalaman dibandingkan seorang programmer karena programmer bisa dilakukan oleh orang yang masih fresh graduate berbeda dengan developer yang harus sudah punya pengalaman sebagai programmer.

Berapa Gaji Seorang Programmer ?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang paling sering ditanyakan seputar programmer, walau banyak yang bertanya dilain hal selain gaji.

Lalu berapa sih gaji yang didapatkan oleh seorang programmer, baik itu programmer pemula hingga programmer senior.

Menurut sumber dari lowongan pekerjaan, gaji seorang programmer pemula dijakarta berkisar antara 4 juta hingga 5 juta. Dan untuk gaji seorang programmer menengah hingga senior mendapatkan gaji sekitar diatas 7 juta rupiah untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Untuk gaji perusahaan lain, bisa menyesuaikan dengan UMR masing-masing daerah.

Apa Suka Duka Menjadi Seorang Programmer ?

suka-duka-programmer

suka-duka-programmer

Menjadi programmer merupakan impian banyak orang, impian banyak lulusan IT bahkan banyak juga orang lulusan non IT ingin menjadi programmer, lalu apakah menjadi programmer selalu senang tanpa adanya duka ? dibawah ini akan ada penjelasan apa saja suka dan duka menjadi programmer.

Sukanya Menjadi Programmer

Banyak sukanya ketika menjadi programmer, terutama ketika mendapatkan gaji atau fee dari hasil project yang telah dibuat terlebih jika menjadi programmer adalah impian dan mendapatkan fee atau gaji dari pekerjaan impian kita, itu sangat membuat bahagia dan senang.

  1. Karena otak kita berfikir terus, maka otak kita akan semakin tajam dan semakin baik dalam memecahkan masalah, terutama masalah didalam pemrograman.
  2. Senang ketika ada bug atau error dipemrograman dan bisa menyelesaikannya, menjadi semakin bersemangat lagi untuk berkarya dan bekerja sebagai programmer.
  3. Dapat fee dari client merupakan hal yang paling disenangi, karena fee ini berbeda dengan uang gaji pokok bulanan dari perusahaan, melainkan uang fee dari client atas rasa terimakasih karena project aplikasi yang telah direncanakan terpenuhi dan bisa publish menjadi aplikasi yang bermanfaat.

Dukanya Menjadi Programmer

Untuk dukanya ada beberapa hal, diantaranya seperti adanya klien yang kurang mengerti waktu jam kerja, dan ada klien yang sering marah-marah kepada programmer.

  1. Begadang adalah kebiasaan rutin para programmer, baik itu programmer pemula hingga programmer yang sudah senior sekalipun, begadang hingga malam bahkan sering juga hingga pagi lagi sudah menjadi hal yang biasa terlebih ketika project yang dibuat sudah akan mendekati deadline, dan bekerja saat malam hari sebenarnya lebih nyaman dan lancar karena kondisi yang kondusif dan tenang.
  2. Sering kepala pusing sendiri karena kurang tidur atau karena efek malamnya begadang.
  3. Mata berubah warna menjadi merah karena kurang tidur dan keseringan begadang, jadi jangan sampai terlalu merah nanti kurang baik kedepannya.
  4. Dihubungi pihak klien yang tidak kenal waktu, siang hingga malam, hari kerja hari libur, karena klien adalah raja jadi ya harus dilayani dengan baik walaupun diluar jam kerja.
  5. Klien sering komplain jika ada fitur yang kurang sesuai dengan yang diinginkan, ada yang klien sampai marah-marah, tetapi banyak juga klien yang ramah walau sedang komplain sekalipun.
  6. Klien sering marah melalui telepon saat sedang tidak bertemu, entah karena eror diaplikasi atau fitur yang kurang sesuai dengan yang diinginkan.
  7. Deadline sudah dekat, menjadi kurang makan, kurang minum, kurang tidur, karena tidak nafsu untuk melakukan itu, kefikiran project yang belum selesai.
  8. Tingkat stress dihadapi cukup dan sangat tinggi, karena bersangkutan dengan pembuatan program yang sangat perlu kerja sama dari team dan client untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
  9. Ada saatnya anggota tim pembuatan project bermasalah akan membuat progress pengerjaan terhambat dan deadline menjadi lebih lama alhasil akan merepotkan diri sendiri dan tim tentunya.
  10. Sering client meminta fitur baru atau request fitur yang lumayan sulit ditengah-tengah programmer mengerjakan program, sangat sulit untuk merevisi ditengah-tengah program dijalankan, harus perlu yang dikorbankan.

Dengan gambaran suka dan duka menjadi programmer diatas, kita dapat mengetahui dengan detail berdasarkan pengalaman programmer senior dalam mengalami suka maupun duka menjadi programmer.

Apa Saja Keuntungan Menjadi Seorang Programmer ?

Setelah mengetahui suka duka menjadi seorang programmer, selanjutnya kita membahas mengenai apa saja keuntungan menjadi programmer saat ini.

Ada banyak keuntungan yang didapatkan saat menjadi programmer dimasa yang serba teknologi ini, diantaranya adalah :

  1. Penghasilan Lebih Tinggi

Penghasilan seorang yang bekerja sebagai programmer sangat tinggi dibandingkan dengan lulusan bidang lain, selain gaji dari perusahaan, kamu bisa membuka usaha jasa pembuatan aplikasi, website atau jasa konsultasi bidang IT.

Tentunya penghasilan bisa tak terbatas, terlebih jika kamu bisa membuat ebook tentang programmer, atau dunia programming, tutorial tertentu.

  1. Masa Depan Cerah dan Lebih Menjanjikan

Meniti karir sebagai programmer tentu bisa menjadikan masa depan lebih cerah karena akan menjadi pekerjaan yang banyak dicari oleh perusahaan kedepannya.

Dengan skill programming yang terus diasah, kamu akan mendapatkan tempat bekerja yang lebih baik dari waktu ke waktu, tentunya akan membuka peluang untuk membuka usaha sendiri dikemudian hari.

  1. Membuka usaha startup sendiri

Banyak programmer yang sudah senior terutama programmer yang sudah memiliki keinginan untuk mempunyai usaha sendiri biasanya membuka bisnis sejenis startup sendiri.

Bisnis yang dibuka kebanyakan adalah IT Consultant dengan produk atau jasa pembuatan aplikasi untuk perusahaan.

Jika kamu berminat, kamu bisa membuka usaha startup sendiri, tentunya dengan bekal pengalaman dan modal yang sudah disiapkan.

Jika ingin membuka startup maka pastikan memiliki tabungan atau simpanan keuangan agar ketika kamu belum ada project yang menghasilkan, kamu masih bisa menjalankan bisnis tersebut.

Banyak keuntungan lain kalau kamu menjadi seorang programmer selain dari penjelasan diatas.

Skill Apa Saja Yang Harus dimiliki Oleh Seorang Programmer ?

Ada beberapa skill yang harus kamu kuasai jika

  1. Skill Bahasa Inggris

Bahasa inggris adalah skill yang harus dan harus dimiliki oleh seorang programmer, karena sebagian besar dokumentasi dan bahasa pemrograman itu sendiri menggunakan bahasa inggris, dan banyak sekali tutorial pembuatan program atau tutorial bahasa pemrograman menggunakan bahasa inggris.

Penggunaan bahasa inggris akan membantu programmer lebih mudah dalam :

– Membaca dokumentasi bahasa pemrograman dan dokumentasi framework.

– Memahami pesan error yang tampil diprogram atau aplikasi yang dibuat.

– Bertanya di forum programmer online, seperti stackoverflow dan forum grub diskusi online lainnya.

– Belajar dari blog dan situs luar negeri.

– Mencari referensi belajar pemrograman luar negeri.

– Belajar via youtube pemrograman luar negeri.

  1. Membaca Dokumentasi
Skill-Membaca-Source-Code

Skill Membaca Source Code

Setiap bahasa pemrograman pasti ada dokumentasinya, setiap framework pasti ada dokumentasinya, maka dari itu kemampuan untuk membaca dokumentasi itu merupakan skill wajib bagi seorang programmer, dengan adanya skill bisa membaca dokumentasi, maka setiap adanya pembuatan aplikasi maka pedoman yang dibuka dan dibaca adalah dokumentasi bahasa pemrograman tersebut.

Dan yang pasti dokumentasi tersebut berbahasa inggris, walau ada beberapa yang sudah ada terjemahan bahasa indonesianya.

Secara pengertiannya :

Dokumentasi adalah suatu dokumen yang menjelaskan bagaimana cara penggunaan suatu teknologi. Dan biasanya sulit dipahami bagi pemula.

Kenapa sulit ?

Karena :

– Dokumentasi tersebut ditulis dengan bahasa teknis yang membosankan untuk dibaca, atau bukan human friendly.

– Dokumentasi tersebut screenshotnya kurang lengkap (karena pemula butuh screenshot meskipun itu hanya perintah CLI saja).

– Dokumentasi tersebut Menggunakan bahasa inggris (pasti berbahasa inggris).

– Dokumentasi tersebut adalah hal pertama yang harus kamu baca bila akan belajar teknologi baru.

Lalu bagaimana cara agar bisa membaca dan memahami dokumentasi dari suatu teknologi baru atau bahasa pemrograman baru ?

Jawabannya adalah baca saja dokumentasi tersebut hingga paham dan mengerti apa yang dimaksud didalam dokumentasi tersebut.

Dokumentasi aplikasi atau bahasa pemrograman biasanya ada beberapa macam, diantaranya adalah :

  1. Dokumentasi dalam bentuk tutorial
  2. Dokumentasi dalam bentuk referensi atau penjelasan tentang fungsi, classs, objek, variabel, dll.
  3. Dokumentasi dalam bentuk FAQs (pertanyaan yang sering ditanyakan).

Contoh dokumentasi dari beberapa forum programmer yaitu :

  1. DevDocs
  2. Mozilla Developer Network
  3. The Linux Documentation Project
  4. Stack Overflow Documentation
  5. Google Developers
  6. Microsoft Developer Network
  7. Facebook for Developers
  8. Membaca Source Code

Membaca source code memang terlihat mudah. Iya mudah kalau baca source code yang ditulis sendiri. Logikanya sudah kita pahami, karena logika berpikir kita sendiri, tetapi bagaimana dengan source code milik orang lain ? apakah kamu bisa paham ?

Skill membaca source code ternyata skill yang harus dimiliki selain skill menulis kode program itu sendiri. Karena kita tidak akan menulis kode sendirian. Akan ada source code dari anggota tim yang lain atau programmer lain.

Lalu bagaimana caranya agar bisa membaca source code orang lain atau programmer lain ?

Ada beberapa tips dibawah ini yang bisa dicoba agar bisa membaca source code orang lain atau programmer lain, diantaranya adalah :

– Harus membaca source code dari bawah ke atas.

– Harus membaca bagian yang kamu pahami dulu.

– Harus membaca keterangan pada komentarnya atau dokumentasi programmnya.

– Mengunjungi situs Github dan Stackoverflow.

  1. Skill Debugging

Apa itu skill debugging ?

Debugging adalah sebuah cara untuk mencari bug atau error atau masalah di dalam kode program (source code) itu sendiri.

Dinamakan bug karena dulu sejarahnya ada seekor serangga atau dinamakan bug yang menempel pada mesin komputer waktu itu dan mengakibatkan masalah pada komputer itu. Setelah cari tahu ternyata penyebabnya adalah si bug, si serangga tersebut.

Pada skill debugging, kamu harus mampu melakukan beberapa hal, seperti berikut :

  1. Harus mampu mamahami maksud pesan error dan masalah lainnya
  2. Harus mampu mencari di baris ke berapa letak errornya, agar lebih memudahkan dalam pemecahan masalahnya.
  3. Harus mampu menganalisis penyebab eror program.
  4. Harus mampu mengatasi error atau bug tersebut.
  5. Skill Bertanya dan Mencari jawaban di Google

Atau biasa disebut dengan skill Googling, yaitu : Bagaimana cara kita bisa bertanya mengenai eror program dan mencari jawaban di situs google,

Terakhir, Contoh Programmer Sukses

Tidak lengkap rasanya jika kita sudah membahas mengenai programmer secara lengkap tanpa menyertakan bukti bahwa ada juga programmer yang sukses dalam menjalankan pekerjaan atau bisnisnya sebagai programmer.

Siapa saja programmer sukses itu ? yaitu sebagai berikut :

  1. Mark Zuckerburg

Seorang yang mendirikan aplikasi media social facebook ini berhasil membuat facebook menjadi aplikasi media sosial paling berpengaruh didunia, dengan skill programming yang dimilikinya dia membuat facemash yang sekarang berubah menjadi media sosial dengan jumlah terbesar di muka bumi yaitu facebook.

  1. Bill Gates

Seorang yang mendirikan perusahaan berkelas dengan nama Microsoft ini berhasil menjadi perusahaan besar dengan populernya sistem operasi windows dan aplikasi Microsoft office.

  1. Evan Spiegel

Seorang yang menciptakan aplikasi bernama snapchat ini berhasil sukses mengikuti jejak mark dan bill gates, aplikasi snapchat merupakan salah satu perusahaan dengan nilai jutaan dollar dan itu merupakan nilai yang sangat besar saat ini.

  1. Jan Koum

JIka kamu pengguna whatsapp maka penciptanya adalah seorang yang bernama jan koum, ya walaupun sekarang whatsapp sudah diakuisisi oleh pihak facebook tetapi keuntungan yang diperoleh dari akuisisi tersebut membuat jan koum termasuk menjadi orang terkaya didunia.

  1. Jack Dorsey

Twitter merupakan aplikasi yang dibuat oleh jack Dorsey, yang termasuk kedalam programmer sukses saat ini.

Dengan adanya contoh programmer sukses tersebut membuat programmer pemula menjadi lebih bersemangat tentunya dalam berkarya dan belajar programming lebih giat lagi.

Penutup

Menjadi programmer tidak semudah seperti yang dibayangkan, banyak waktu yang dikorbankan hanya untuk belajar bahasa pemrograman baru atau framework baru untuk menunjang pekerjaan yang lebih cepat dan dapat bekerja secara tim.

Banyak tenaga yang harus terkuras habis setiap saat, bukan hanya saat jam kerja saja, bahkan saat jam istirahat hingga jam pulang kerja masih terfikirkan program yang masih eror di laptop, banyak yang tidak menyadari dan tahu hal tersebut.

Banyak biaya yang dikeluarkan untuk biaya kuliah, biaya kursus programming hingga biaya untuk alat tempur programming seperti laptop dan perlengkapan lainnya.

Demikian yang bisa ditulis dan dibagikan melalui artikel ini, semoga bagi kamu yang ingin menjadi programmer segera memantaskan diri dan tentunya mempersiapkan skill yang dibutuhkan oleh perusahaan saat ini.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kamu yang membutuhkan referensi bacaan seputar dunia programmer secara lengkap.

Terima Kasih sudah berkunjung, jangan lupa untuk terusa belajar untuk menjadi programmer yang profesional.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *