Tanggal :August 5, 2020

Perbedaan Bootstrap 4 dan Bootstrap 5 Alpha !

Spread the love

Yah kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan bootstrap versi 4 dan versi 5, sebelum itu saya ingin memberitahukan bahwa inspirasi menulis kontent kali ini berasal dari penjelasan youtuber dosen kita , pak dosen sandhika galih dari webprogramming unpas.

nah jadi kita akan membahas secara umum perbedaan boostrap 4 dan bootstrap 5, sebelum itu rilisnya bootstrap 5 saat ini masih versi alpha , dimana versi alpha itu merupakan versi dimana versi tersebut belum di peruntukkan untuk membuat project, atau versi itu belum fix, sehingga untuk dipakai dalam pembuatan project belum di rekomendasikan karena biasanya sebuah product yang masih versi alpha masih terdapat kekurangan seperti terdapat bug, kekurangan dokumentasi, terdapat perubahan dan lain lain.

website bootstrap versi 5 disini.

  1. Logo
Icon Bootstrap 5

Icon Bootstrap 5

Logo versi 5 sekarang dapat dilihat tampak lebih berwarna dan lebih fresh , dimana sisi logonya terdapat lengkungan kurung kurawall.

2. Website

Web-Bootstrap-5

Website Bootstrap 5

Website versi 5 sekarang berbeda dengan versi 4 sebelumnya, seperti tampak pada navigasinya, isinya , yang paling menarik adalah sidebar dokumentasinya yang aksessible, rapi, fresh dan enak digunakan.

3.  Bootstrap 5 Tidak memakai Jquery

yah isu ini sudah lama didengar oleh para programmer dimana jquery sekarang ditinggalkan dan digantikan oleh javascript modern, nah sama seperti rilis alpha bootstrap 5 kali ini, jquery sekarang lagi tidak digunakan. seperti tampak pada dokumentasi template started bootstrap 5, kali ini template started bootstrap 5 tidak lagi memanggil cdn jquery seperti pada bootstrap 4.

4. Bootstrap 5 Tidak lagi Support Internet Explorer

Yah, saya kira semua tahu bahwa Internet Explorer tidak se update browser browser lainnya yang modern, sehingga terdapat component yang tidak lagi disupport oleh browser browser versi lama.

5. Customisasi Warna Bootstrap 5 yang lebih Banyak.

Customisasi-Color-Bootstrap-5

Customisasi Color Bootstrap 5

Yah, kali ini bootstrap memudahkan kita dalam mengcostumisasi warna , apalagi dalam penggunaan sass, pasti sangat membantu.

6. Icon Boostrap

Icon Bootstrap 5

Icon Bootstrap 5

Bootstrap sekarang memiliki icon tersendiri yang tidak lagi menggunakan pihak ketiga, jadi tim develop bootstrap sindiri yang membuat icon tersebut, sebenarnya icon ini dapat digunakan juga pada versi 4 sebelumnya.

Perbedaan bootstrap 4 dan 5 masih banyak lagi, namun secara umum begitulah yang dijelaskan diatas, jika ingin lebih dalam lagi mengetahuinya, silahkan kunjungi bootstrap versi 5 disini.

 

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *