Tanggal :October 22, 2020

Cara Mencetak Bolak Balik menggunakan Adobe Reader dengan Printer Biasa

Spread the love

Cara mencetak Bolak Balik Menggunakan Adobe Reader dengan menggunakan Printer Biasa

Duplex Printing atau Mencetak Bolak Balik adalah trick untuk kita untuk memudahkan bisnis percetakan kita lebih mudah. jika kita melakukan dengan manual, caranya susah dan menyusahkan. jika anda memiliki printer yang high quality yang memiliki fitur print bolak balik otomatis maka anda tidak perlu lagi mempelajari trick ini. namun jenis printer tidak mudah untuk dimiliki, karena harga untuk jenis printer tersebut dapat tergolong mahal. jika anda awam dalam menggunakan komputer maka trick ini pasti dapat membantu anda untuk mencetak bolak balik menggunakan adobe reader. adapun langkah langkahnya sebagai berikut :

Persiapkan Amunisi

Maksud saya persiapkan amunisi adalah menyediakan file yang tentunya dalam eksistensi pdf. adobe reader mendukung eksistensi pdf untuk di cetak. dan jangan lupa Aplikasi adobe reader tersendiri dan sepaket printer dan kertasnya. jika anda belum memiliki Aplikasi adobe reader di printer anda maka anda dapat mendownload nya disini https://get.adobe.com/reader/

Membuka Adobe Reader

Setelah menyiapkan amunisi maka kita membuka file yang ingin dicetak. cara membuka nya dengan cara dibawah ini :
Cara Membuka dengan Adobe Reader

Mencetak dengan Kotak Dialog Print

Setelah membuka file, maka kita dapat mencetak file tersebut dengan membuka dialog print atau mengetik Ctrl+P atau lihatlah gambar dibawah ini :
Membuka dialog print di Adobe Reader

Setting sebelum Print

Menyetting printer adalah hal yang tidak asal asalan, jika anda tidak mengikuti langkah ini maka hasil cetakan anda tidak akan sesuai yang anda inginkan , setting print sesuai dengan gambar dibawah ini :

Setting Pertama Printer
Setting Kedua Printer

Print Halaman Tahap Pertama

Untuk yang tahap pertama, silahkan print halaman yang Ganjil dengan cara memilih subset atau Odd pages only, lalu cetak dengan mengklik OK lalu biarkan printer mencetak hingga cetakan selesai.

Print Halaman Tahap Kedua

Setelah tahap pertama selsai, maka hasil print tahap pertama masukan kembali ke tempat bagian atas atau rear tray, namun perhatikan bagian yang sudah di print menghadap kebelakang, jangan sampai salah. seperti dibawah ini :
Atur Posisi Kertas

Pilih Subset Selanjutnya 

Setelah itu pilih subset : Event Pages Only dan print dengan mengklik OK, lalu biarkan printer bekerja mencetak.

Selesai 

Print Duplex atau print bolak balik adalah hal yang mudah bagi kaum yang sudah paham atau sering melakukan print duplex. semoga tutorial ini dapat berguna bagi yang belum pernah melakukan print duplex atau print bolak balik. jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komenta.
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *