Tanggal :September 22, 2020

Jenis Jenis Tinta Untuk Printer yang Bagus dan Tahan Lama

Spread the love
Tinta merupakan suatu bahan untuk mencetak sebuah dokumen  berupa cairan menggunakan printer, dimana sebagai sebuah seseorang ataupun percetakan yang memiliki printer, baiknya kita tahu jenis jenis tinta yang akan kita gunakan untuk menggunakan printer. printer merupakan alat cetak sebuah dokumen yang banyak dimiliki orang , apalagi di sebuah perusahaan. agar printer kita tidak cepat rusak baiknya kita merawatnya salah satu caranya adalah menggunakan tinta yang tepat. menggunakan tinta yang tepat tidak hanya membuat printer kita lebih awet, namun memaksimalkan kinerja printer kita dengan menghasilkan hasil cetak yang maksimal. umumnya tinta yang di jual di pasaran adalah tinta yang berupa dalam bentuk suntik atau botolan. biasanya para pengguna printer hanya mementingkan harga yang murah tanpa melihat tinta yang dibeli.

Dalam postingan ini akan membahasa jenis jenis tinta printer :
  1. Tinta Dybase
  2. Tinta Pigmen
  3. Tinta Sublim
  4. Tinta Art Paper
  5. Tinta Solvent
  6. Tinta Eco Solvent

Jeni Jenis Tinta Printer :

Tinta Dye Base

Tinta Dye Base merupakan jenis tinta yang banyak dominan berbahan dasar dari air dengan dicampur dengan bahan perwarna (Colourant) tinta jenis ini memiliki kemungkinan mengendap dan mampet pada Printhead jika semakin kecil sehingga printer lebih awet. Namun hasil cetak yang tidak tahan lama dan bila terkena air akan blobor serta bila terpapar sinar UV (matahari) akan pudar. Hasil print tidak tahan lama. Namun hasil cetak yang bagus, hasil print di kertas foto sangat bagus dan warna cerah. Untuk harga tinta jenis Dye Base juga lebih murah dan dibanding pewarna untuk jenis tinta lainnya serta support hampir semua merk printer dekstop rumahan.

Tinta Pigment

Tinta Pigment memiliki kualitas cetak yang lebih tajam, pekat, dan tahan air dibanding tinta dye base karena formula tintanya yang terdiri dari Air (H2O), Diluent, Colorant Pigment, dan yang lainnya. Tinta printer jenis Pigment ini memiliki kualitas hasil cetak yang lebih baik, tahan lama, tajam dan anti air (water proof) di semua jenis kertas seperti kertas HVS, Inkjet Paper maupun photo paper. Kekurangan Tinta Pigment ini kalo Printer gak digunakan dalam jangka waktu tertentu, maka Printhead  akan tersumbat oleh bahan perwarna tinta yang mengendap dan mengering pada nozzle head. Jenis tinta ini kebanyakan hanya support printer jenis Epson.

Tinta Sublim

Jenis tinta subilm (Water Based Sublimation) ini sering dipakai oleh kebanyakan pengguna infus printer untuk transfer gambar hasil print ke media lain, Printer-printer standard yang digunakan untuk mencetak bahan-bahan sablon, seperti baju kaos, Pin, mug, keramik, dll. Karena Karekteristik Tinta Sublim yang jauh lebih tahan terhadap air dan degradasi warna yang lebih kuat.
Formula Tinta Sublim dominan mengandung minyak, perwarna(Colorant), diluent, dan zat lainnya, oleh karena itu tinta Sublim memiliki ketahanan yang jauh lebih baik dibanding Tinta Pigment, tapi resiko Printhead tersumbat lebih besar dibanding Tinta Pigment. Metode transfer yang digunakan adalah cetak ke kertas hvs atau inkjet paper lalu di heat press ke kaos, mug, keramik, dll. Jenis tinta juga ini kebanyakan hanya support printer jenis Epson.

Tinta Art Paper

Jenis Tinta Art Paper Ink ini cocok untuk digunakan di percetakan skala kecil maupun skala besar yang sering mencetak di kertas art paper ivory dengan quantity kecil untuk gambar full color. Karena jenis kertas art paper mempunyai daya serap kecil sehingga kalau menggunakan tinta dye base biasa tentunya hasil cetak blobor.

Tinta Solvent

Jenis Tinta Solvent ini memiliki ketahanan yang paling baik terhadap Air dan UV, karena tinta solvent terbuat dari bahan-bahan yang mendekati seperti cat duco ditambah dengan bahan-bahan yang disesuaikan untuk tipe-tipe Printer Outdoor. Tinta Solvent banyak digunakan untuk mencetak Banner, Spanduk, billboard, neonbox, dan yang lainnya untuk outdoor Printing karena hasil cetaknya yang lebih awet terhadap Air dan UV, namun tinta solvent berbau menyengat. Sedangkan printer yang digunakan umumnya printer untuk spanduk (mesin digital printing).

Tinta Eco Solvent

Tinta Eco Solvent sama seperti Tinta Solvent, hanya karakteristik tinta eco solvent sedikit kurang tahan terhadap UV, namun tidak berbau menyengat dibanding Tinta Solvent, oleh karena itu Tinta Eco Solvent banyak digunakan untuk Indoor Printing. Untuk jenis printernya juga menggunakan mesin digital printing.
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *