Tanggal :September 25, 2020

Sekali Klik Cara Mengatasi Rumus Excel tidak Berfungsi

Spread the love
Microsoft Excel adalah Aplikasi Microsoft yang digunakan untuk mengolah data atau mengetik yang kebanyakan adalah angka. lembar kerja Microsoft excel yang berupa tabel memudah kita untuk mengolah data angkat. ini lah penyebab Microsoft excel sering digunakan oleh percetakan untuk mengetik ketikannya.
jika anda mengalami masalah tentang rumus mircrosoft excel kalian tepat masuk ke artikel ini. ketika anda mengalami masalah mengenai rumus Microsoft exscel yang tidak berfungsi atau pada saat mengkalkukasi sesuatu di Microsoft excel sesuatu tidak terjadi apa apa , maka kita harus mengetahui dulu akar masalahnya.
masalah ini pasti dapat membuat anda bingung atau mungkin frustasi, ketika mengejar deadline namun rumus Microsoft anda tiba tiba tidak berfungsi. setidak nya sebelum mengatasi masalah tersebut mari kita cari tahu apa masalahnya.
adapun masalah mengenai rumus excel tidak berfungsi sebagai berikut.
1. Automatic Calculation tidak Aktif
2. Adanya Circulan Reference
Secara umum masalah diatas lah yang paling sering dijumpai mengenai kasus rumus excel yang tidak berfungsi.

Automatic Calculation tidak Aktif

Masalah yang pertama Adalah Automatic Calculation. Automatic calculation adalah perhitungan otomatis pada Microsoft excel. perhitungan otomatis ini memiliki settingan yang dapat diubah-ubah.  pada settingan automatic calculation sebenarnya ada 3 kalukasi pada Microsoft excel.
Adapun 3 Kalkulasi pada Microsoft Excel adalah sebagai berikut :
  1. Automatic : ini adalah kalkukasi pada Microsoft excel secara otomatis semua nilai pada tabel Microsoft excel akan otomatis terupdate jika mengalami sesuatu perubahan perhitungan.
  2. Automatic Except for Data Table : untuk perhitungan otomatis ini hanya terjadi di table yang diberikan rumus dan berkaitan dengan table yang menghubungkan rumus tersebut.
  3. Manual : untuk manual adalah rumus Microsoft excel tidak akan tereksekusi secara otomatis , namun dengan cara mengaktifkannya secara manual dengan cara menekan CTRL + F9
setelah mengetahui ketiga hal diatas, kita dapat mengetahui kenapa Microsoft excel tidak melakukan kalkulasi pada rumus kita, ya benar, masalahnya mungkin terjadi pada kalkulasi manual. mungkin anda mengaktifkan kalkulasi secara manual sehingga rumus Microsoft excel anda tidak dapat berjalan secara otomatis, anda harus mengaktifkannya secara manual. lalu mengapa hal ini bisa terjadi ? padahal settingan awal anda adalah settingan automatic ?
Ada beberapa Alasan sehingga ini bisa terjadi , adapun itu adalah sebagai berikut.
1. Pertama, jika kalian membuka file dari orang lain dan di file itu adalah settingan nya adalah settingan kalkulasi manual, sehingga dokumen ini tidak menerapkan kalkulasi secara otomatis. ini mengakibatkan perubahan peraturan pada Microsoft excel anda, sehingga pada saat membuka Microsoft excel yang selanjutnya atau yang baru, maka mengikuti settingan file tersebut.
2. Kedua, anda tidak sadar mengaktifkan macro yang dapat mengubah settingan otomatis anda. apa yang dimaksud macro? macro adalah perintah secara otomatis yang akan aktif secara diam-diam untuk mengganti settingan anda. anda biasanya tidak sadar menekan tombol yang ada di keyboar sehingga macro ini berjalan dengan sendirinya. 
itulah kedua alasan yang paling umum mengapa settingan anda bisa berubah secara tidak sadar, maka hindari lah mengotak atik settingan bawahan pada Microsoft excel. karena settingan bawahanlah yang paling rekomendasi digunakan secara umum.
Setelah mengetahui penyebab masalah rumus excel tidak berfungsi mari kita bahas solusi dari permasalahannya.

Apa Solusinya ?

Untuk mengatasi masalah settingan automatic , maka kalian hanya perlu mengubah nya menjadi settingan automatic. caranya dengan mengubahnya. untuk menyelesaikan masalah ini anda bisa menekan F2 + Enter , beberapa user menyarankan untuk memperbaikinya satu satu atau tiap sel yang tidak nyambung hasilnya.
namun jika ada ribuan rumus yang tidak sesuai hasilnya , anda bisa mengubahnya dengan cara sekaligus. bayangkan jika anda mengubahnya satu persatu, itu hanya akan membuang buang waktu anda.
versi Microsoft excel mempengaruhi tempat untuk mengatur automationnya. sesuaikan versi excel anda dengan foto dibawah ini :
mudah kan cara mengaturnya.
Untuk Masalah yang kedua yaitu Adanya Circulan Reference.

Adanya Circulan Reference

apa itu circulan reference ? circulan reference biasa muncul akibat anda mengcopy rumus excel secara langsung.
Cara Mengatasi Circulan Evnet
 atau 
semoga artikel ini bermanfaat, bagi yang ingin tutorial lain silahkan koment di komentar.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *