Tanggal :September 27, 2020

Tutorial Cara Membuat Stempel Flash dengan Lengkap Kilat Menarik

Spread the love

STEMPEL

Anda punya pesanan Stempel ? atau anda Ingin Membuat Stempel Sendiri ? anda telah memilih blog yang benar jika anda ingin tahu cara membuat stempel. sebelum lebih lanjut mari kita ketahui dulu apa itu stempel.

Apa itu Stempel ?

Stempel adalah alat yang membantu kita untuk melakukan pengesahan sebagai barang bukti keaslian suatu dokumen. biasanya digunakan untuk mengesahkan dokumen dokumen penting seperti ijazah, nota dan sebagainya. stempel saat ini memiliki banyak bentuk, namun tujuannya sama untuk menekankan keaslian suatu dokumen. stempel biasanya dipakai di dokumen yang terletak ditempat sebuah tanda tangan.

Jenis Jenis Stempel 

Dilihat dari Warna 

Anda pasti sudah dapat membedakan stempel dari segi warnanya, tentu stempel dari segi warnanya memiliki warna tinta yang berbeda beda. pada umumnya , biasanya stempel hanya memiliki satu warna, entah itu warna merah, biru , atau ungu. untuk pengesahan biasanya warna stempel berwarna ungu. contoh stempel yang berwarna merah biasanya nota ke lunasan suatu barang.

Pegangan 

Penggunaan stempel yang mudah digunakan tergantung dari bahan dan bentuk pegangannya, kebanyak stempel modern sekarang menggunakan pegangan berupa aluminum, namun dulunya stempel hanya menggunakan pegangan kayu. bentuk pegangan stempel biasanya untuk stempel berbentu bulat pegangan nya juga akan bulat namun lebih kecil, begitupun stempel yang berbentu persegi atau segitiga.

Harga / Kualitas

Tentu Jenis stempel berdasarkan harga dan kualitas sangat beragam, namun biasanya stempel berbahan karet runaflek dan tinta yang digunakan.
Anda telah mengetahui pengertian dan jenis jenis stempel, selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara menggunakan stempel dan mengisi ulang tintanya.

Cara Mengisi Ulang Tinta Stempel

cara mengisi ulang stempel tentunya tidak sembarangan, jika anda mengisinya dengan sembarangan bisa jadi hasilnya tidak maksimal bahkan bisa merusak sebuah dokumen, contoh nya jika stempel kotor, atau stempel banjir. langsung saja, kita bahas cara mengisi ulang tinta stempel.
  1. Ambillah Stempel yang ingin di isi ulang tintanya.
  2. Ambil kuas kecil , usahakan ujung kuas masih licin dan tidak keras, lalu bersihkan stempel dengan bersih.
  3. Ambil bantalan stempel dan tinta. tuangkan tinta dibantalan stempel pas di tengah bantalan. tuangkan secukupnya dengan tetes tetesan hingga menyebar ke seluruh bantalan. diamkan selama beberapa menit hingga menyebar, biasanya memakan waktu 3 menit.
  4. Tes stempel di kertas yang tidak digunakan, apabila hasil belum maksimal ulangi kembali Langkah 3. 

Cara membuat Stempel Flash dengan Mudah

sebelum kita membuat stempel kita harus memiliki alat dan bahan untuk membuat stempel, maka kunjungilah postingan ini untuk mengetahui alat dan bahan pembuatan stempel yang berkualitas. secara umum alat dan bahan stempel terdiri dari :
Alat :
  1. Desain
  2. Karet Runaflek
  3. Bedak
  4. Double Tip
  5. Kayu Stempel
  6. Bensin
Bahan :
  1. Papan Tripleks
  2. Kaca 
  3. Kuas Cat Ukuran Kecil
  4. Bantalan
  5. Mangkuk 
  6. Gelas Takaran
  7. Hairdryer
  8. Lampu Ultraviolet

Buatlah Desain

Sebelum membuat stempel pastinya anda pasti terlebih dahulu memiliki desain , untuk membuat desain saya akan membahasnya di postingan lain .

Cetak Hasil Desain

Printlah hasil Desain anda menggunakan kertas kalkir , lebih bagus menggunakan printer laser jet namun jika tidak memilikinya bisa menggunakan printer laser diskjet, namun printer laser jet mampunyai hasil yang bagus dari pada printer diskjet. jika anda menggunakan printer diskjet printlah lalu fotocopy menggunakan kertas kalkir.

Membuat Meja Kaca

Meja ini digunakan untuk proses penyinaran atau bias juga dengan proses penyinaran matahari , untuk spesifikasi meja saya akan bahas dipostingan lain, namun kebanyakan percetakan sudah memiliki meja kaca untuk pembuatan stempel.

Memasang Karet

memasang karet runaflek yang sudah dicetak , letakkan karet di dalam meja kaca dengan lampu di bawah yaitu diatas beban antara lain bantalan hitam dan karet runaflek , intinya paling bawah kaca dan lampu. Jika kalian menggunakan meja kaca yang memiliki lampu sinar ultraviolet biasanya 5 lebih menit bisa selesai, tergantung jarak lampu dan runflek.
Jika menggunakan energi matahari maka proses penyinaran akan berada dibawah sinar matahari dengan posisi kaca harus diatas karet runaflek dengan menggunakan penjepit dan dengan dua kaca yang tidak terlalu besar.

Jepitlah kaca dengan menggunakan jepitan buku, ketika menggunakan sinar matahari  biasanya waktu yang diperlukan untuk mengeringkan kurang lebih 15  menit tergantung cuaca sinar matahari.   

Perhatikanlah posisi karet runaflek jangan sampai hasilnya terbalik. 

Menyiapkan Larutan

Sambil menunggu penjemuran dan penyinaran kita dapat menyiapkan larutan, yaitu  bensin dalam mangkuk nampan. mangkuk dan nampan  yang digunakan harus rata agar proses pegoskon mudah.

Menggosok Karet

Setelah kurang lebih kita menuggu penjemuran, Angkatlah karet tersebut dan lepas kaca, gambar kalkir dari papan. Ambil Karet tersebut dan gosoklah dengan kuas cat dengan menggunakan cairan larutan tadi pada bagian atas karet. Gosok dengan menggunakan kuas  sampai muncul gambar pada permukaan karet tersebut.

Mengeringkan dengan Hairdryer

Mengeringkan dengan Hairdryer akan memudahkan proses pengeringan dari larutan bensin yang telah digosok. Setelah itu masukan kedalam bedak bayi.

Memotong Stempel

setelah dimasukkan kedalam bedak bayi, lalu tunggu beberapa menit lalu bersihkan dan potong sesuai dengan bentuk stempel.

Memasang Gabus

Pasanglah karet tersebut dengan gabus yang telah disediakan tadi dengan menggunakan double tip. setelah itu pasang gabus yang sudah tertempel dikaret tadi dengan kayu stempel dengan lem castol.

itulah cara membuat Stempel Flash, jika cara ini belum cukup jelas untuk membuat stempel , maka saya menyarankan anda untuk memeriksa kembali lagi urutannya atau menonton youtube untuk mendapatkan gambaran lebih jelas.

Terimah Kasih, sisipkan komentar jika ada yang kurang jelas.

Share

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *