Mengenal lebih Dalam ReactJs, Penjelasan Lengkap Bahasa Indonesia. Mulai Project Pertamamu !

  • by
reactjs

Kali ini kita akan belajar React Js. Apasih React Js itu ?

Jadi react itu adalah library javascript yang digunakan untuk membuat user interface yang dibuat oleh facebook. user interface disini hanya digunakan untuk membuat tampilan web atau front end web. sebelum membuat projek reactjs bagusnya anda harus mengenal lebih dalam mengenai reactjs.

Apa sih fitur fitur Reactjs ?

1. Declarative

2. Component-Based

3. Learn Once, Write Anywhere?

Declarative

yang pertama kita akan membahas apa yang maksud declarative?

kita dapat mendesain simple view yang tiap state di aplikasi, React dapat mengubah tampilan ketika ada data yang berupa, tapi react tidak merubah semua tampilan namun hanya merubah tampilan yang berubah saja.

Componend-Based

apa maksud Component-based?

maksud dari component based,ialah ketika membuat website kita membuat secara component component, contohnya ketika membuat header kita menjadikan header sebuah komponent, namun sebuah header bisa lagi dipecah menjadi sebuah komponent, seperti terdiri dari komponent komponent navigasi web tersebut.

Learn Once Write Anywhere

Learn Once, Write Anywhere?

apa maksudnya?jadi react memiliki framework yang keren yaitu react native, kita dapat membuat aplikasi mobile mau android ataupun ios, jadi sekali kita belajar reactjs di web development kita akan mudah mempelajari react native.

Siapa yang menggunakan reactjs?

Banyak aplikasi besar yang menggunakan reactjs. contohnya Instagram,Shopee,Traveloka,Tokopedia, Whatsapp dan pembuatnya sendiri yaitu facebook.

belajar react js merupakan hal yang bagus, karena perusahaan perusahaan besar sudah menggunakan react js.

Inilah yang diperlukan untuk menggunakan Reactjs.

Nodejs.

apa itu nodejs? singkatnya nodejs adalah server-side JavaScript. jadi javascript dulu hanya bisa dijalankan di sisi front end, tapi dengan adanya node js maka javascript kini bisa jalan di sisi server.

Keunggulan Reactjs.

1. Mudah dipahami.

Gaya penulisan react js mudah dipahami, penulisan yang deklarative membuat reactjs mudah dipahami dan membuat kita mampu memprediksi kode react yang salah. apalagi jika dibantu extension  sebuha IDE yang keren contohnya Visual Studio Code dengan extension  reactjs nya.

jika kita menggunakan Visual studio code wajib kita menginstall extension react jika sedang membuat aplikasi menggunakan react.

2. JSX

JSX adalah sebuah extension javascript yang di gunakan react untuk menulis tag HTML di dalam Javascript. JSX bukanlah murni sintaks javascript, sehingga browser tidak bisa membaca sintaks ini, di butuh kan sebuah JSX compiler yang di gunakan untuk menterjemahkan JSX kedalam bahasa regular javascript agar bisa terbaca oleh browser.

3. Modular

Untuk membuat aplikasi dengan skala besar, kita dapat menulis kode-kode dengan skala yang lebih kecil atau biasa dibuat menjadi component untuk di satukan menjadi aplikasi utuh, dan dapat di gunakan kembali (reusable). inilah yang memudahkan reactjs. contoh ketika kita membuat custome button, kita hanya perlu membuat nya sekali dan kita dapat menggunakannya berkali-kali.

4. Effisien dan Cepat

React JS menciptakan Virtual DOM untuk mempercepat urusan perubahan DOM. Semua operasi di kerjakan di dalam Virtual DOM, setelah operasi selesai React JS menulis perubahan tersebut di dalam DOM

5. SEO Bagus

Salah satu masalah terbesar dari library Javascript pada umumnya adalah mereka sidak support search engine. Meskipun sudah banyak perbaikan, mesin pencari umumnya masih mengalami kesulitan. Namun tidak dengan React JS, kita dapat menjalankan React JS pada server dan Virtual DOM diberikan ke browser sebagai halaman web biasa, sehingga sangat support SEO. dan masih banyak lagi keunggulan react js.

Mememulai Proyek Reactjs.

Untuk memulai membuat proyek reactjs terlebih dahulu kita harus menginstall nodejs. anda dapat melihat tutorial menginstall nodejs di laman resmi nodejs. setelah memiliki nodejs dan npm atau node package manager. anda dapat membuat atau menambahkan reactjs pada proyek anda.

tercatat dalam halaman resmi reactjs anda dapat membuat proyek reactjs dengan mengetikkan kode dibawah ini :

npx create-react-app my-app
cd my-app
npm start

jika kode erorr saat menggunakan perintah utama, coba anda gunakan perintah “npm” dan tidak menggunakan “npx” .

Dipostingan selanjutnya saya akan sedikit menjelaskan ruang kerja reactjs.

react js library

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *